Tuesday, June 1, 2010

SDR DEO GRATIAS Santo FELIX CANTALICE (1515-1578) PELINDUNG OFS PERSAUDARAAN BANDUNG.


St Felix dilahirkan di Cantalice Apulia Italia. Dia dari keluarga petani yang saleh. Sejak umur 12 tahun sudah bekerja sebagai gembala, kemudian sebagai pembajak kebun.
Felik sejak muda sudah terbiasa bermeditasi ditengah kesibukan dan cepat sampai pada tingkat kontenplasi tinggi. Felik masih belum yakin akan arah panggilan hidupnya.hingga PENYELENGGARAAN ILAHI memberi sentuhan padanya. Pada suatu hari ketika sedang membajak Felix disereduk oleh kedua banteng sampai bajaknya telempar langsung kearah dirinya, tetapi secara ajaib Felix sedikitpun tidak terkena, apalagi terluka. Sebagai rasa syukurnya kepada ALLAH, Felix langsung pergi kesebuah biara Fransiskan Kapusin, untuk diterima sebagai bruder (saudara).

Sebagai seorang postulan, spiritualitas Felix dikenal baik oleh para saudara dina Kapusin dalam komunitasnya.

Di Roma Felix bertugas mengemis dan mencari derma untuk komunitasnya, selama 40 tahun. Dalam sapaannya Felix selalu menggunakan dua patah kata "DEO GRATIAS" dalam setiap suka duka, pahit getir hidupnya, hingga ia mendapat panggilan "BRUDER DEO GRATIAS"

Saudara Deo Gratias sangat sederhana, banyak berdoa, dan selalu sopan, hingga disukai rakyat kecil.
Ia disenangi dan dihormati juga oleh para orang Kudus semasanya, Santo Filipus Neri (1515-1596) dan Santo Karolus Boromeus (1538-1584) yang juga anggauata Ordo ke III Awam Fransiskan (OFS) Kedua Santo ini sering meminta nasihat dari Saudara Deo Gratias.

Bruder Deo Gratias dianugerahi berbagai karunia kesembuhan, nubuat, namun saudara Felix tetap rendah hati, serta memandang dirinya tidak berguna.

Pada saat menghadapi Saudari Maut, Bruder Felix, dihibur oleh SP Maria yang menampakan diri dalam suatu penglihatan.

Bruder Felix wafat pada hari Raya Pentakosta 18 Mei 1587.
Paus Urbanus VIII mengankatnya menjadi seorang Beato, karna muzizat yang terus terjadi setelah wafatnya, Paus Clement XI mengkanonisasikan SANTO FELIX DARI CANTALICE tahun 1709.
Pesta peringatan dirayakan pada tgl 18 Mei.

Santo Felix Cantalice, doakanlah kami!

______________

SANTO FELIX CANTALICE MENJADI NAMA DARI OFS PERSAUDARAAN BANDUNG

Semoga Berkat Santo Fransiskus Asisi selalu serta kita semua.

No comments:

Post a Comment